• November 17, 2021
Berbeda-dengan-CPNS-persyaratan-PPPK-tidak-memerlukan-akreditasi-pendidikan

Berbeda dengan CPNS, persyaratan PPPK tidak memerlukan akreditasi pendidikan

Tahun itu, pemerintah membuka Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 yang terdiri dari pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan pengaturan kerja (PPPK).

Ada dua pilihan PPPK, PPK guru dan non-guru.

Persyaratan CPNS dan PPPK tidak jauh berbeda. Namun, ada syarat yang memudahkan pelamar PPPK, antara lain tidak mengajukan akreditasi pendidikan yang menjadi syarat wajib seleksi CPNS.

Baca Juga: PPKM Darurat, Kejaksaan Agung Permudah Persyaratan Administrasi CPNS Tahun 2021

Untuk seleksi CPNS, diperlukan akreditasi A untuk jurusan dan universitas.

“Di PPPK tidak ada akreditasi wajib. Karena itu, akreditasi hanya digunakan untuk CPNS,” kata tim panitia seleksi nasional (Panselnas) CASN di Kementerian PANRB, Katanaya virtual, Senin (19/7/2021).

Sama seperti CPNS, PPPK juga melakukan seleksi. Bedanya, kata dia, seleksi di PPPK ada tiga jenjang yang dibarengi dengan wawancara sebagai tahapan akhir seleksi menggunakan Computerized Testing System (CAT).

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

“Seleksi di PPPK ada tiga tingkatan, yang pertama seleksi administrasi. Kedua, bukan seleksi SKD dan SKB,

tapi namanya seleksi kompetisi, yang terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu seleksi teknis kompetisi, seleksi manajemen. Seleksi kompetitif dan seleksi sosial budaya. Kemudian ada tes wawancara. Digunakan untuk menilai integritas dan moralitas,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, terkait pemilihan teknis lomba, materi akan berkaitan dengan posisi teknis yang diminta. Untuk seleksi kompetisi manajemen terdapat pemilihan materi tentang integritas, kerjasama, keterampilan komunikasi, pelayanan publik, orientasi hasil, pengembangan diri dan eksternal, manajemen perubahan dan pengambilan keputusan.

Baca juga: Pengumuman Daftar Instansi CPNS 2021 di link SSCASN, sscasn.bkn.go.id

“Sementara dalam seleksi sosial budaya, materi mengacu pada kepekaan terhadap perbedaan budaya

, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap konflik, pengendalian diri dan empati. Semua ini menggunakan seleksi BKN CAT,” kata Katanaya.

Sebagai informasi, pendaftaran seleksi CASN dibuka mulai tanggal 30 Juni sd 21 Juli 2021 secara bersamaan untuk CPNS, PPKK Guru dan PDP Non Guru. Pendaftaran dilakukan di portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/

Jumlah pendaftar yang mendaftar hingga 18 Juli mencapai 3.052.591, yang mengklik tombol kirim atau menyelesaikan pendaftaran adalah 1.908.625.

LIHAT JUGA :

serverharga.com
wikidpr.id
riaumandiri.id
dekranasdadkijakarta.id
finland.or.id
cides.or.id