• January 11, 2022
Aspek-Trigatra-dalam-Wawasan-Nusantara

Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara adalah konsep cara pandang masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya.

Sedangkan cara pandang dan penataan yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia disebut Astagatra.

Astagatra memiliki dua komponen, yaitu Trigatra (tiga aspek alam) dan Pancagatra (lima aspek sosial). Pada artikel ini pertama-tama kita akan membahas aspek Trigatra.

Dalam situs resmi Perpustakaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia

, dijelaskan tiga aspek alam Trigatra, yaitu:

geografi

Aspek geografis ini mengacu pada letak geografis negara Indonesia. Letak geografis Indonesia memberikan penjelasan mengenai bentuk internal dan eksternalnya.

Bentuk bagian dalam menggambarkan pola, bentuk, isi, dan susunan wilayah Indonesia yang berupa kesatuan laut dengan pulau-pulau yang terletak di dalamnya.

Baca juga: Pembangunan Daerah Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Sedangkan bentuk eksternal menggambarkan situasi dan kondisi lingkungan yang saling berkaitan antara negara dan lingkungannya.

Kondisi geografis merupakan satu kesatuan laut dengan pulau-pulau di dalamnya.

Indonesia saat ini berada pada posisi global, yaitu di antara dua benua (Australia dan Asia), dua samudera (Pasifik dan India) dan terletak di wilayah khatulistiwa. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari daratan dan perairan.

Kepulauan Indonesia dikelompokkan menjadi empat gugus, yaitu Gugus Papua, Gugus Kepulauan Maluku, Gugus Kepulauan Sunda Kecil, dan Gugus Kepulauan Sunda Raya.

Situasi dan keterampilan penduduk

Dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020) karya Damri dan Fauzi Eka Putra dijelaskan bahwa penduduk adalah orang yang mendiami suatu tempat atau wilayah tertentu.

Aspek kondisi dan kemampuan penduduk ini berkaitan dengan kondisi penduduk di Indonesia

yang meliputi tiga hal, yaitu jumlah penduduk, komposisi penduduk, dan persebaran penduduk.

Baca juga: Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Perubahan penduduk dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu kematian, kelahiran dan migrasi. Dampak positif dari pertumbuhan penduduk adalah bertambahnya angkatan kerja dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi.

Sedangkan dampak negatifnya adalah apabila pertumbuhan penduduk tidak sejalan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tidak diikuti dengan upaya peningkatan kualitas penduduk.

Komposisi penduduk adalah komposisi penduduk menurut umur, jenis kelamin, agama, suku, tingkat pendidikan, dll. Seperti halnya perkembangan penduduk, komposisi penduduk juga dipengaruhi oleh kematian, kelahiran dan migrasi.

Sedangkan persebaran penduduk adalah proses persebaran penduduk. Distribusi penduduk yang ideal adalah pemerataan sehingga dapat memenuhi kebutuhan kesejahteraan dan keamanan.

Jumlah penduduk Indonesia merupakan aset pertahanan nasional. Jumlah penduduk yang besar dapat dilatih melalui bela negara untuk mendukung TNI dalam upaya menjaga kedaulatan negara Indonesia.

Baca juga: Tiga Batas Wilayah Indonesia

Sumber kekayaan alam

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Mulai dari sumber daya pertanian, badan air, pertambangan dan energi, semuanya ada di Indonesia.

Kekayaan alam ini dapat dimanfaatkan oleh Indonesia sebagai modal pembangunan dan pertahanan negara. Oleh karena itu, sumber daya alam tersebut harus dimanfaatkan dengan baik. Pemanfaatan sumber daya alam harus didasarkan pada tiga prinsip, yaitu:

LIHAT JUGA :

indonesiahm2021.id
unesa.id
unimedia.ac.id
politeknikimigrasi.ac.id
stikessarimulia.ac.id
ptsemenkupang.co.id

Prinsip utamanya adalah pemanfaatan sumber daya alam Indonesia harus benar-benar menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
Prinsip keberlanjutan, penggunaan sumber daya alam Indonesia tidak boleh merusak lingkungan dan harus menjaga keseimbangan alam.
Prinsip daya saing, hasil pemanfaatan kekayaan alam Indonesia harus mampu bersaing dengan hasil sumber daya alam negara lain.